Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Lifestyle149 Dilihat

Persiapan menyambut Bulan suci Ramadhan menurut sunnah Nabi, bulan suci Ramadhan pun sebentar lagi akan tiba. Dalam hitungan hari umat muslim akan menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini.

Sudahkah Anda mempersiapkan segala hal untuk menyambut bulan Ramadhan yang akan datang?  Dimana semua pahala akan dilipat gandakan. Tentunya semua umat muslim akan mempersiapkan segala hal kebutuhan untuk berpuasa. 

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Lalu, selain mempersiapkan kebutuhan untuk berpuasa? Apa saja sih yang harus dipersiapkan guna menyambut datangnya bulan suci Ramadhan agar bisa dapat maksimal tahun ini?

Berikut SinarJepara.com telah merangkum semua informasi yang harus dipersiapkan guna menyambut bulan Ramadhan menurut sunnah Nabi. yuk simak!

Berikut beberapa hal yang dapat anda siapkan dalam menyambut bulan Suci Ramadhan yang akan datang :

  • Mempersiapkan Mental dan Jiwa

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Persiapan menyambut bulan Ramadhan menurut sunnah nabi yang pertama yang harus anda lakukan yakni mempersiapkan mental dan jiwa. Sambutlah bulan suci Ramadhan ini dengan ketulusan hati jiwa yang bersih. yang bersih dan rasa ketulusan hati. 

Selain menyambut bulan Ramadhan dengan ketulusan hati jiwa yang bersih. Mental juga harus anda persiapkan sedemikian karena nanti saat bulan ramadhan tiba Anda harus mempersiapkan diri dalam beribadah selama sebulan penuh. 

Jadi, menurut sunnah Nabi Metal dan jiwa anda harus dipersiapkan sedemikian halnya dengan ketulusan hati dalam melakukan beribadah secara ikhlas. Oleh sebab itu anda perlu untuk menghilangkan sikap malas dalam beribadah. Agar nantinya anda dapat beribadah secara ikhlas mudan bahkan menyenangkan. 

  • Membersihkan Lingkungan Sekitar

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Membersihkan lingkungan sekitar juga bisa dapat anda jadikan satu hal untuk mempersiapkan bulan Ramadhan tiba. Tentu juga anda sudah tak asing lagi dengan slogan “Kebersihan Sebagian Dari Iman” Slogan tersebut tentu benar adanya. 

Persiapan menyambut bulan suci ramadhan ini anda bisa turut serta dalam membersihkan rumah, lingkungan sekitar tempat tinggal. Bahkan ikut bergotong royong dalam membersihkan tempat ibadah masjid maupun musholla yang ada di sekitar anda. 

Jika lingkungan sekitar anda bersih, pasti anda juga akan nyaman dalam melakukan ibadah dibulan suci ramadhan yang akan datang.

  • Banyak Berbuat Kebaikan

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Memang betul bahwa di Dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Jadi, untuk persiapkan menyambut bulan Ramadhan tidak ada salahnya jika anda memulai banyak melakukan perbuatan baik. 

Hindari perbuatan maupun kebiasaan buruk agar pada bulan ramadhan nanti anda akan tetap menjadi masing-masing pribadi yang lebih baik lagi.

  • Memperkuat Iman

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Persiapan menyambut bulan  Ramadhan yang paling utama anda lakukan yakni mempersiapkan iman yang lebih kuat. Bagaimana sih cara memperkuat iman itu? Cara memperkuat iman yakni dengan mencoba memulai melatih kebiasaan-kebiasaan buruk dalam keseharian. 

Hal seperti itu biasanya dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana. Contohnya Shalat 5 waktu yang dilakukan tanpa bolong. 

  • Mempersiapkan Amal 

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Hal berikutnya yang harus anda persiapkan dalam menyambut bulan ramadhan yakni mempersiapkan Amal. Hal ini tentu saja tidak boleh anda lewatkan, karena kebutuhan saat akan menjelangnya bulan ramdhan tentu akan semakin banyak. 

Jadi, tentunya anda juga perlu untuk meningkatakan amal dengan bersedakah zakat dibulan suci ramadhan. Sekarang juga tentu masih ada banyak waktu untuk anda lakukan. Mulailah untuk mengelola keuangan dengan memulai hidup hemat agar anda memiliki cukup tabungan untuk memenuhi kebutuhan amal dibulan ramadhan yang akan datang. 

  • Memohon Ampunan agar Dosa di Ampuni

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Persiapan menyambut bulan ramadhan menurut sunnab nabi yang selanjutnya yakni bersyukur dan memuji Allah atas datangnya bulan suci yang penuh rahmat ini. 

Setelah itu pasrahkan semuanya dan perbanyak doa agar segala dosa yaang telah dilakukan diampuni dan dimaafkan. Agar nanti saat bulan ramadhan tiba anda sudah dalam keadaan suci. 

  • Melunasi Hutang Puasa 

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Untuk menyambut bulan suci Ramadhan tentu ada hal yang seharusnya tidak boleh untuk dilupakan. Apa itu? Ya melunasi hutang puasa ditahun. 

Terkadang hal ini disebabkan dengan adanya beberapa kondisi yang memperbolehkan seseorang tersebut tidak menjalankan ibadah puasa. Seperti contohnya seseorang sedang sakit, perempuan menstruasi, hamil dan yang lainnya. 

Jadi, jika Anda masih memiliki hutang puasa karena beberapa kondisi janganlah pernah lupa untuk melunasi hutang tersebut sebelum datangnya bulan suci ramadhan selanjutnya. 

  • Mempersiapkan Perlengkapan Ibadah

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Nah, selanjutnya untuk persiapan menyambut bulan suci ramadhan. 

Selain melunasi hutang puasa anda juga perlu untuk menyiapkan peralatan ibadah yang bersih. 

Datangnya bulan suci ramadhan perlengkapan ibadah ini tentunya perihal penting yang harus dilakukan sebagai pendukung saat melakukan ibadah. Apa saja yang perlu dipersiapkan? Ya tentu saja Sajadah, mukena, peci, sarung, tasbih dan al-qur’an. Hal ini sangat perlu untuk diperlukan sebagaimana agar ibadah anda lebih maksimal nantinya. 

  • Pesiapan Fisik dengan Menjaga Kondisi Kesehatan

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Bulan Suci Ramadan merupakan bulan penuh berkah yanh dimana semua umat muslim didunia dianjurkan untuk berbuat kebaikan. 

Ditambah lagi dengan beribadah puasa tentu saja anda sangat dianjurkan juga untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh baik fisik, jasmani. Jika saat datangnya bulan suci ramadhan fisik tidak dijaga tentu anda akan jatuh sakit. Hal inilah yang nantinya menyebabkan ibadah anda menjadi tidak maksimal. 

Untuk itu sangat disarankan anda menjaga kondisi fisik mulai dari sekarang. Dengan cara menghilangkan atau mengurangi kebiasaan yang buruk atau tidak sehat. Seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat, tidur yang tidak teratur, sering bergadang dan yang lainnya. 

Oleh karena itu, mulailah sekarang untuk menjaga kondisi fisik dengan melakukan olahraga secara rutin jika diperlukan konsumsilah vitamin kesehatan. Jadi ketikan bulan suci ramadhan tiba anda akan lebih siap untuk menjalankan ibadah yang lebih maksimal. 

  • Mempersiapkan Kebutuhan Selama Ramadhan 

Persiapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan Menurut Sunnah Nabi, Yuk simak!

Persiapan menyambut bulan suci Ramadan yang terakhir yakni mempersiapkan semua kebutuhan selama ramadhan.  Seperti yang telah disebutkan diatas contoh perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur yang akan anda gunakan untuk memasak baik berbuka maupun sahur.

Persiapan tersebut mulai dari sembako dan bumbu dapur hingga alat memasak yang memadai. Mengapa demikian? Hal ini sangat dianjurkan untuk anda agar dapat menjalankan ibadah yang lebih maksimal dengan segala makanan ataupun santapan yang bergizi dan nikmat

Nah, itulah 10 hal yang harus anda persiapan untuk menyambut bulan suci ramadhan menurut sunnah Nabi. Agar dapat beribadah lebih khusyuk dan khidmat maka persiapkan beberapa hal yang telah disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Mulailah persiapkan semuanya dari sekarang baik kebutuhan dapur maupun diri anda masing-masing bahwasannya tinggal menghitung hari saja kita semua seluruh umat muslim akan menyambut datangnya bulan suci ramadhan tahun ini.

Demikianlah ulasan yang bisa dapat sinarjepara.com tuliskan. Semoga dengan perihal diatas bisa dapat membantu anda dalam mempersiapkan segala hal untuk menyambut bulan suci ramadhan penuh berkah ini. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *