6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Otomotif158 Dilihat

Bagi seseorang yang memiliki mobil tentu saja ingin bisa dapat mengemudi maupun menyetir mobil sendiri. Terlebih jika anda seorang pemula, tentu sebelum berkendara atau menyetir mobil ada baiknya anda mengetahui beberapa hal mengenai mobil tersebut.

Nah, jika anda seorang pemula yuk ketahui terlebih dahulu tips dan trik menyetir yang aman bagi pemula. Simak ulasannya berikut ini. 

6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Sebelum mengendarai atau menyetir jika anda pemula ada baiknya untuk mengetahui atau mengenali mobil yang akan anda gunakan. Ini merupakan perihal pertama untuk pemula yang harus dilakukan sebelum mengemudi. 

Mengapa demikian? Ya tentu dengan mengenali mobil tersebut anda akan merasakan kenyamanan ketika menyetir. Bukan hanya mengenali mobil tersebut anda juga perlu untuk memahami fungsi pada beberapa komponen yang ada di dalam mobil tersebut. 

Seperti contoh, harus mengetahui persneling pada mobil tersebut, mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan gigi pada situasi tertentu terlebih saat dijalan yang menanjak. 

  • Tentukan posisi yang nyaman saat menyetir

6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Tips dan trik menyetir mobil yang aman bagi pemula berikutnya yakni mencari posisi yang nyaman saat menyetir. 

Posisikan anda senyaman mungkin saat menyetir baik tempat duduk, posisi spion mobil, dan yang lainnya. Dengan posisi yang nyaman di dalam mobil tentu saja akan membuat anda menjadi lebih tenang ketika berkendara. 

  • Pastikan anda memegang setir dengan tepat

6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Tips dan trik selanjutnya yakni pastikan anda memegang setir mobil dengan tepat. Setir mobil merupakan salah satu komponen terpenting saat mobil tengah dikendarai. 

Pastikan anda memegang setir dengan tepat agar dapat mengontrol mobil secara optimal. Usahakan posisi tangan anda berada tepat di arah jarum jam di angka 9 pada tangan kiri dan dan posisi tepat di arah jarum jam di angka 3 tangan kanan hal tersebut merupakan posisi terbaik untuk Anda memegang setir pada mobil. 

  • Hindari mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi

6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Tips dan trik menyetir mobil yang aman bagi pemula adalah menghindari mengemudi mobil dengan kecepatan yang tinggi. 

Untuk anda seorang pemula tentu saja hal ini sangat tidak dianjurkan. Karena dengan mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi akan membuat anda kehilangan kendali saat berkendara. 

  • Gunakan lampu sein saat berbelok

6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Untuk anda yang pemula tentu terkadang menyalakan lampu sein masih sangat gugup dan banyak kebingungan. Lampu sein yang ada pada mobil tentunya memiliki peranan penting ketika anda berkendara baik pada motor maupun mobil. 

Lampu sein sendiri merupakan salah satu indikator penting guna memberitahukan kepada pengendara lain bahwa anda akan berbelok. Dengan anda menyalakan lampu sein tentu pengendara lain akan mengerti bahwa anda memberikan tanda akan berbelok, berhenti maupun memutar arah.

  • Tetap tenang saat menyetir

6 Tips dan Trik Menyetir Mobil yang Aman bagi Pemula, Yuk ketahui! 

Tips dan trik menyetir mobil yang aman terakhir yakni anda harus tetap fokus dan tenang ketika berkendara. Hal ini sangatlah penting untuk anda lakukan bahwasannya saat anda berkendara tentu anda perlu ketenangan. 

Ketenangan saat berkendara akan membuat anda lebih fokus dalam berkendara. Sehingga ketika terdapat sesuatu baik terjebak kemacetan atau yang lainnya anda tidak akan gugup dan kebingungan. Karena hal tersebut seringkali dialami oleh para pemula ketika menyetir kendaraan. 

Nah, itulah 6 tips dan trik menyetir mobil yang aman bagi pemula. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat membantu anda dalam belajar menyetir agar tidak mengalami kendala ketika berada dijalanan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *