Miris! 111 Hewan Hiu Mendadak Mati di Penangkaran Karimunjawa Jepara! 

Jepara153 Dilihat

Banyak hiu yang mendadak mati di penangkaran Karimunjawa. Ada kurang lebih 111 ekor hiu di penangkaran Karimunjawa, Kabupaten Jepara mendadak mati.

Miris! Hewan Hiu Mendadak Mati di Penangkaran Karimunjawa Jepara! 

Perihal matinya hiu di penangkaran hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. Selaku pemilik penangkaran Abdul Rachim mengungkapkan, bahwasannya hiu-hiu tersebut mati mendadak di Pulau Menjangan Besar. 

Hiu tersebut memiliki jenis yakni hiu karang atau kerap kali disebut dengan hiu black teeth. Ratusan lebih hiu itu mati dengan tiba-tiba pada hari Sabtu (18/03/2023).

Mula kejadian tersebut terjadi disaat penjaga penangkaran tertidur. Setelah terbangun sekitar pukul 01.30 WIB penjaga melakukan pengecekan seperti biasa dan hiu masih dalam keadaan hidup. Lalu, setelah melakukan pengecekan penjaga tertidur kembali hingga jam menunjukan pukul 05.30 WIB. 

Setelah itu, penjaga penangkaran kembali melakukan pengecekan tanpa disadari penjaga kaget melihat keadaan hiu-hiu tersebut 

’’Waktu terbangun, seperti biasa tetap melakukan pengecekan, dan kagetnya saya tiba-tiba melihat hiu satu kolam sudah mati,’’ ungkap penjaga penangkaran Senin (20/03/2023).

Dirinya tidak mengetahui penyebab matinya ratusan hiu di penangkaran tersebut. Ratusan hiu yang mati sudah berumur kurang lebih 2 tahun, dengan umur yang cukup hiu tersebut sudah dapat beradaptasi dengan kondisi air serta lingkungan. 

Kejadian matinya hiu secara mendadak ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Akan tetapi seperti tahun lalu juga pernah terjadi ada sebanyak 36 hiu jenis karang juga mati secara mendadak di umur hiu 9 tahun. 

Kerugian yang ditafsir dari kematian hiu di penangkaran secara mendadak yakni sekitar 20 hingga 25 juta. Itu saja belum termasuk pakan dan yang lainnya. 

Penjaga penangkaran masih menduga hiu-hiu tersebut mati akibat terkena racun. Akan tetapi dirinya tidak tahu menahu siapa yang melakukan hal tersebut. Di penangkaran tersebut juga telah menjadi salah satu objek wisata unggulan yang ada di Karimunjawa. 

Hiu-hiu yang ada penangkaran didapatkan dari para nelayan yang tidak sengaja menjaringnya. Sehingga di tempatkanlah hiu-hiu itu di penangkaran. Penjaga penangkaran juga mengatakan bahwa setiap tahunnya ia akan melepas beberapa hiu jenis karang ke laut. Guna menjaga ekosistem hewan laut hiu ini. 

Dengan kejadian tersebut sekarang hiu jenis karang yang masih ada di penangkaran hanya tersisa 16 ekor hiu dengan umur 9 hingga 12 tahun. Harapan besar semoga hiu yang tersisa tersebut tidak juga ikut mati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *