Museum R.A.Kartini Di Jepara, Yuk Berwisata Sejarah!

Wisata367 Dilihat

Museum R.A. Kartini merupakan salah salah satu tempat wisata yang ada di Jepara. Museum R.A.Kartini ini lebih tepatnya berada di utara alun-alun Jepara, Jawa Tengah. Museum ini termasuk museum yang umum sekaligus objek wisata sejarah serta edukasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara.

Tujuan utama didirikannya museum ini adalah untuk mengabadikan jasa-jasa perjuangan Pahlawan Emansipasi yang telah dikenal dengan R.A.Kartini. Museum ini terdiri dari 3 gedung yang dibangun di atas tanah seluas 5.210 m2. Gedung tersebut apabila dilihat dari atas bisa anda lihat dengan berbentuk huruf K,T, dan N yang merupakan singkatan dari Kartini.

Museum R.A.Kartini Di Jepara, Yuk Berwisata Sejarah!

Apa Saja yang Ada Di Museum R.A.Kartini?

Tentu saja di dalam museum ini terdapat beberapa benda-benda peninggalan R.A.Kartini dan kakaknya yang dikenal dengan Raden Sosro Kartono. Selain peninggalan pahlawan wanita ini ada pula benda-benda yang ditemukan di wilayah Kabupaten Jepara.

Dalam museum R.A.Kartini ini seperti yang telah disebut diatas bahwa gedung tersebut berbentuk huruf K,T, dan N. Dengan gedung yang berbentuk huruf tersebut tengah dipastikan dalam penyajian gedung tersebut cukup berbeda, dan terbagi menjadi empat ruangan diantaranya yakni sebagai berikut :

  1. Ruang pertama yang merupakan gedung K disajikan untuk koleksi peninggalan R.A. Kartini yang berupa benda-benda peninggalan serta foto semasa hidupnya.
  2. Ruang kedua merupakan bagian dari kaki gedung K yang berisi peninggalan kakak R.A.Kartini yaitu Sosro Kartono.
  3. Ruang ketiga digunakan untuk penyajian benda-benda bersejarah dan purbakala yang ditemukan di wilayah Jepara. Serta hasil kerajinan Jepara yang terkenal seperti Tenun ikat Troso, anyaman bambu dan kerajinan rotan.
  4. Ruang keempat merupakan gedung N yang berisi tulang ikan raksasa bernama Ikan Joko Tuo, Ikan ini jenisnya adalah Paus Gajah. Ikan Paus yang punya belalai tersebut yang ditemukan di perairan Kepulauan Karimunjawa.

Lalu, Fasilitas Apa Saja yang ada di Museum R.A.Kartini?

Fasilitas yang cukup menarik yang ada di museum R.A.Kartini ini adalah :

  • Cafetaria (seperti kantin)
  • Ruang Panggung Seni Teatrikal (Opera)
  • Ruang Bioskop tempat pemutaran Film Kartini
  • Toko Souvenir
  • Toilet
  • Taman Parkir yang cukup luas

Nah, tunggu apalagi yuk berwisata sejarah di Museum R.A.Kartini. Ketika anda berada di luar kota dan berkunjung di kota jepara jangan sampai melewatkan Objek wisata bersejarah yang satu ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *