6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Lifestyle158 Dilihat

Bagaimana tips menghilangkan bau mulut saat puasa? Sebagian orang tentu saja akan mengalami bau mulut ketika sedang melakukan puasa. Terlebih seperti saat ini seseorang akan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Lalu, Apa sih penyebab bau mulut saat berpuasa?

Nah, bau mulut pada dasarnya terjadi akibat kondisi masing-masing pada diri seseorang dan tentunya bau mulut banyak sekali penyebabnya. Bau mulut dapat disebabkan akibat tersisanya tumpukan makanan yang habis dimakan, memiliki penyakit lambung, gigi berlubang, atau jarang membersihkan gigi. 

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Lalu, bagaimana sih tips menghilangkan bau mulut saat puasa? Tenang saja, yuk berikut tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang wajib anda ketahui. Berikut diantarnya. 

Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa yakni dapat anda lakukan dengan cara menjaga kebersihan gigi, mulut ataupun lidah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkap bagaimana tips menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini :

  • Menggunakan Obat Kumur

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang pertama adalah dapat anda lakukan dengan berkumur setelah makan menggunakan obat kumur. 

Berkumur menggunakan obat kumur tentu saja dapat membantu menghilangkan bakteri yang menumpuk usai anda makan. Sisa makanan yang menumpuk tentu saja merupakan salah satu penyebab yang menjadikan bau pada mulut saat puasa. Anda bisa berkumur menggunakan obat kumur ini setelah sahur maupun setelah berbuka. Akan tetapi banyak orang tentu akan berkumur menggunakan obat kumur setelah sahur. 

  • Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang kedua yakni perbanyaklah mengonsumsi air putih. Guna mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh. 

Kekurangan cairan pada tubuh tentu saja dapat membuat mulut menjadi kering dan akan mengeluarkan bau mulut yang tak sedap. Oleh sebab itu, meskipun sedang melakukan puasa anda juga tetap perlu untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh baik saat sahur maupun berbuka puasa. 

  • Hindari Makanan yang Membuat Bau Mulu

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Tips menghilangkan bau mulut ketiga saat puasa yakni menghindari makanan yang membuat bau mulut. Apa saja itu? Contoh saja makanan jengkol, makanan yang memiliki bau amis, makanan yang manis dan masih banyak lainnya. 

Oleh karena itu, alangkah baiknya anda menghindari makanan yang dapat memicu bau pada mulut saat berpuasa. Pilihlah makanan yang benar-benar sehat seperti halnya sayuran dan buah-buahan. 

  • Konsumsi buah dan sayur

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa selanjutnya adalah dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Banyak mengonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara untuk dapat menghilangkan bau mulut saat berpuasa. 

Tips ini tentu sangat mudah untuk ada lakukan, contoh saja anda mengonsumsi buah jeruk. Buah jeruk yakni jenis buah yang banyak mengandung vitamin c yang memiliki banyak manfaat. Salah satunya yakni membantu meningkatkan daya tahan pada tubuh selama berpuasa, dan dapat memproduksi air liur yang mencukupi saat anda menjalankan puasa. 

  • Hindari Merokok Saat Puasa

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa berikutnya adalah hindari merokok sementara. Merokok tentu menjadi salah satu penyebab pemicu bau mulut ketika berpuasa. 

Selain dapat menghilangkan bau mulut saat puasa, merokok juga dapat merusak gigi dan gusi bahkan hingga munculnya bau mulut yang tak sedap. 

  • Rutin menggosok Gigi Setelah Sahur 

6 Tips Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa! Wajib Lakukan ini! 

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa yang terakhir yakni rutin menggosok gigi setelah sahur. Cara ini tentu saja membantu anda untuk mengurangi bakteri yang tersimpan pada mulut, atau dapat mengurangi adanya sisa makanan yang tertinggal baik pada gigi maupun mulut. 

Lakukan cara ini secara rutin baik setelah sahur maupun setelah berbuka gunakan juga sikat gigi dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Karena pasta gigi yang memiliki kandungam fluoride dapat membantu mengurangi resiko terbentuknya gigi yang berlubang. Lakukan dengan menggosok gigi secara perlahan dan merata pada gigi. 

Demikian 6 tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Lakukan beberapa cara diatas secara rutin untuk menghindari datangnya bau mulut. Yuk mulai biasakan diri pada hal-hal yang dapat membantu menjaga kesehatan baik pada tubuh maupun mulut sekalipun. Semoga penjelasan diatas bisa dapat membantu anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *