Kelurahan Kauman Jepara Kini Dijadikan Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Jepara132 Dilihat

Kelurahan Kauman Jepara kini telah dijadikan sebagai kampung moderasi beragama yakni dengan adanya Toleransi umat beragama di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang terus bersatu dan terus ditanamkan.

Kelurahan Kauman Jepara Kini Dijadikan Sebagai Kampung Moderasi Beragama

Didirikannya moderasi beragama ini memiliki tujuan tersendiri yakni untuk terus menanamkan toleransi umat beragama dan menghilangkannya intoleransi. Terutama khususnya yakni guna menghindari adanya perilaku ekstrem maupun radikalisme. 

Hisyam Zamroni selaku Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jepara juga menyampaikan. Bahwa Kelurahan Kauman Jepara ini telah menjadi pilot project program dari Kementrian Agama Republik Indonesia. Senin, (03/03/2023) 

Mengapa kelurahan kauman yang dipilih? Tentunya Kelurahan kauman sendiri memiliki banyak sekali agama, baik islam, kristen, katolik, bahkan konghucu. Dengan didirikannya program moderasi ini tentu saja ada beberapa indikator utama dalam membentuk kampung moderasi beragama ini. Indikator tersebut diantaranya yakni Kerjasama, toleransi dan tingkat kesetaraan. 

Ditempat yang terpisah Camat Jepara juga mengatakan, bahwa kampung moderasi beragama ini telah diwujudkan menjelang datangnya tahun politik 2024 mendatang. Pembentukan moderasi beragama ini sangatlah penting guna menghindari terjadinya gesekan antar pemeluk agama. 

Oleh sebab itu, pembentukan kampung moderasi beragama ini sangat diharapkan untuk memberikan sebuah pemahaman dalam pentingnya bertoleransi dalam beragama.

“Besar harapannya nanti semoga akan ada banyak kelurahan-kelurahan yang lain untuk menjadi sebuah kampung moderasi beragama” Tambah Subiyanto Camat Jepara sebagai penutup. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *