Dishub Provinsi Jawa Tengah Mengusulkan Adanya Terminal Tipe B di Jepara. 

Jepara196 Dilihat

Dishub Provinsi Jawa Tengah mengusulkan adanya terminal Tipe B di Jepara. Diketahui kini transportasi di terminal kini semakin banyak dan juga sebagai suatu perekonomian yang memiliki nilai yang cukup tinggi. Hal tersebut juga sangat berpengaruh pada keberadaan sebuah terminal yang dapat dikatakan sebagai simpul sebuat tempat transportasi khususnya di Jepara.

Dishub Provinsi Jawa Tengah Mengusulkan Adanya Terminal Tipe B di Jepara. 

Dijepara sendiri ada sekitar 5 terminal yakni diantaranya Terminal Jepara, Terminal Bangsri, Terminal Keling, Terminal Welahan, dan Terminal Pecangaan. Akan tetapi dari kelima terminal tersebut masih berada di level terminal Tipe C.

Menurut level dari terminal yang ada di Jepara masih dalam terminal Tipe C. Pj Bupati Jepara tentu sangat baik menyambut rekomendasi dari Dinas Perhubungan Jawa Tengah terkait usulan peningkatan terminal yang ada di Jepara. Usulan tersebut terkait peningkatan dari terminal tipe  C menjadi Terminal Tipe B. 

Hal tersebut juga tentunya akan masuk dalam Perda baru yakni Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Usulan tersebut sangat disarankan oleh Provinsi maka Pemerintah Kabupaten Jepara akan mengikuti usulan tersebut yakni pembangunan Terminal Tipe B. Hal itu disampaikan secara langsung di Ruang Command Center. Pada hari Rabu, (10/05/2023). 

Setelah adanya usulan terkait Terminal Tipe B, Pemkab Jepara tentu akan merencanakan sebuah anggaran untuk pembangunan terminal Tipe B tersebut. Namun, apabila anggaran tersebut datang dari Provinsi pihak Pemkab Jepara tentu sangat berterima kasih. Hingga nantinya pemilihan terminal mana yang akan ditingkatkan menjadi Terminal tipe B kedepannya. 

Pemkab Jepara tentu nanti akan menyesuaikan. Sementara itu dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dishub Jateng mengatakan. Bahwa di dalam RPJMD Provinsi Jawa Tengah tahun 2018-2023 telah menargetkan sekitar 5 Terminal Tipe B di Wilayah Jawa Tengah. Hal tersebut dilakukan dengan adanya tujuan untuk pengembangan wilayah serta ekonomi. 

Diketahui untuk saat ini ada terminal yang telah dipilih dan ditingkatkan menjadi terminal tipe B yakni ada di wilayah Kutoarjo. Selanjutnya kemungkinan besar akan ada penambahan di Kabupaten Jepara. 

Peningkatan Terminal dari tipe C menjadi tipe B itu sendiri diharapkan pemerintah kabupaten Jepara bukan hanya simbol transportasi saja akan tetapi dapat menjadi sektor transportasi darat yang mungkin terkoneksi dengan wisata di karimunjawa. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *