5 Kuliner Makanan Khas Jepara yang Tak Boleh Dilewatkan! Harus Wajib di Coba!

Jepara180 Dilihat

5 Kuliner Makanan Khas Jepara yang Tak Boleh Dilewatkan! Jepara Kota Ukir, Jepara Bumi Kartini itulah sebutan untuk kota kelahiran R.A.Kartini sang Pahlawan emansipasi wanita. Kota tempat kelahiran R.A Kartini ini tentunya memiliki banyak tempat menarik serta kuliner khas yang harus anda kunjungi dan mencobanya! 5 Kuliner Makanan Khas Jepara

5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Apa saja sih yang menarik di Jepara? Tentu saja di Kota Jepara ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Terbukti dengan salah satu wisata di Kota Jepara  yang  telah dikenal oleh banyak masyarakat baik didalam maupun luar negeri. Wisata tersebut yakni Kepulauan Karimun Jawa. 5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Bukan hanya keindahan alam yang ada di kepulauan Karimunjawa saja. Akan tetapi  ada musem R.A. Kartini yang tak kalah menarik untuk dijadikan wisata sejarah, serta masih banyak yang lainnya. Jepara sendiri banyak sekali keistimewaan alam, yang dapat anda nikmati jika berkunjung ke Jepara. Nah, berbicara soal wisata tak lengkap jika anda tak menikmati kuliner khas yang ada di Jepara.

Citarasa yang khas dan tradisional pada makanan mampu membuat paket lengkap dalam dunia wisata yang ada di Jepara. 5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Lalu, apa saja makanan khas Jepara yang paling recommended dan harus anda coba! Tak usah menunggu lama berikut beberapa makanan khas Kota Jepara

5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Makanan khas yang pertama yakni horok-horok. Makanan horok-horok ini terkenal sebagai makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tepung pohon aren. Lalu, tepung aren tersebut diolah dengan santan dan gula pasir.

Makanan khas horok-horok ini dapat dimakan dengan berbagai makanan yang lainnya. Seperti horok-horok dengan bakso, horok-horok dengan petis, horok-horok dengan sate kikil dan yang berkuah lainnya.

Horok-horok ini dapat ditemukan dipasar-pasar tradisional yang ada di jepara dengan harga yang sangat murah. Harga makanan ini dimulai dari harga 3 ribu hingga 5 ribu.

  • Pindang Serani

5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Jepara identic dengan banyaknya wisata pantai, maka banyak juga para nelayan penghasil ikan yang ada di Jepara. Maka, makanan khas berikutnya yakni tak lain dari bahan dasar yang berasal dari laut yakni ikan.

Makanan ikan yang khas dari jepara salah satunya adalah pindang serani. Makanan khas Jepara ini yakni sejenis sup ikan dengan kuah kuning, dengan rasa khas pedas, asam dari belimbing wuluh, manis. Lengkap bukan? Hmmmm jika anda berkunjung ke jepara anda harus mencobanya! Ikan yang biasa digunakan yakni kakap merah, ikan kerapu dan yang lainnya.

Makanan pindang serani ini tersedia banyak dirumah-rumah makan yang ada di jepara dengan harga yang dimulai dari Rp.20.000 ribu hingga Rp.30.000.

  • Sambal Petis

5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Selain makanan khas dengan menu olahan ikan laut, Kota Jepara juga memiliki berbagai menu sambal yang tidak kalah enaknya. Sambal Petis merupakan salah satu sambal yang khas dari jepara, yang terbuat dari petis udang dan diolah dengan campuran cabai.

Bumbu sambal petis yang digunakan diantaranya bawang putih, kecap, cabai rawit. Sambal petis  ini cocok dijadikan sebagai lauk makan nasi dan makanan lain yang tentu akan menambah selera makan. Sambal petis ini biasanya dijual di restoran dengan harga yang dimulai dari Rp 5.000 per cup atau porsi.

  • Kopi Tempur

5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Selain makanan Jepara Pun memiliki kopi yang khas untuk dinikmati, Kopi khas tersebut yakni kopi tempur karena berasal dari desa Tempur. Kecamatan Keling, Jepara. Kopi tempur ini memiliki cita rasa yang khas dari kopi asli pegunungan yang sangat nikmat diminum saat dingin. Harga kopi tempur bubuk ini dibandrol harga dimulai dari Rp 20.000 per bungkusnya.

  • Kacang Oven Jepara

5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Makanan satu ini sangat cocok sekali jika anda jadikan oleh-oleh yang khas dari jepara. Kacang Jepara merupakan kacang tanah yang dipanggang atau oven dengan menggunakan media berupa pasir.

Sebelum kacang tersebut di panggang, kacang diberi bumbu terlebih dahulu dengan bawang putih, ketumbar, dan  jinten. Kacang oven jepara ini memiliki ukuran bervariasi yang cukup besar dan di jual dengan dua rasa yakni manis dan asin.

Untuk mendapatkan kacang ini anda bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 20.000 per kilonya. 5 Kuliner Makanan Khas Jepara

Nah, itulah 5 makanan khas yang harus anda coba ketika anda berkunjung di Jepara. Untuk itu jika anda akan berlibur jangan sampai melewatkan untuk mencicipi makanan khas yang ada di Jepara!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *