ASEAN Telah Mempersiapkan Roadmap 1 Keanggotaan Penuh Untuk Timor Leste!

Bisnis191 Dilihat

Presiden Indonesia Joko Widodo telah menyebutkan bahwa Timor Leste telah diterima secara prinsip sebagai anggota ASEAN. Sebagai Ketua ASEAN 2023, ia juga menyatakan komitmen untuk membantu negara tetangga tersebut agar resmi menjadi anggota ke-11 organisasi tersebut.

“Roadmap full membership untuk Timor Leste telah disiapkan, dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN saat ini,” Ungkap Jokowi dalam konferensi pers usai bertemu Perdana Menteri Timor Leste di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, (13/02/2023)

ASEAN Telah Mempersiapkan Roadmap Keanggotaan Penuh Untuk Timor Leste!ASEAN Telah Mempersiapkan Roadmap 1 Keanggotaan

Menurutnya Timor Leste telah mengikuti pertemuan ASEAN sebagai pengamat, termasuk Retret Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM Retreat) pada awal Februari lalu.

ASEAN telah menyepakati secara prinsip keanggotaan untuk Timor Leste pada KTT ASEAN, Kamboja, pada 11 November 2022 tahun lalu. Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta sudah lama menyuarakan keinginan itu saat bertemu Jokowi di Bogor pada Juli 2022.

Menteri Luar Negeri ASEAN baru-baru ini mengeluarkan mandat baru berupa working group untuk memproses keanggotaan penuh Timor Leste. Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Sidharto Suryodipuro mengatakan, kelompok di bawah Dewan Koordinasi ASEAN itu bertugas membahas jalan tersebut. ASEAN Telah Mempersiapkan Roadmap 1 Keanggotaan

Hal Ini akan disahkan pada KTT (ASEAN) Mei nanti,” tuturnya  usai pertemuan dengan para menteri luar negeri ASEAN di Jakarta, Sabtu, (04/02/2023)

Menteri Luar Negeri Timor Leste Adaljiza Magno juga telah menghadiri rangkaian pertemuan Retret Menteri Luar Negeri ASEAN pada 3-4 Februari 2023 di Sekretariat ASEAN, Jakarta. Ini merupakan kali pertama kehadiran Timor Leste pada acara tingkat menteri luar negeri ASEAN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *