4 Amalan Wajib di Bulan Sya’ban yang Dianjurkan!

Lifestyle415 Dilihat

Bulan Sya’ban atau bulan Nisfu Sya’ban merupakan malam yang paling mulia setelah malam Lailatul Qadar. Seperti yang telah diketahui setelah bulan syaban datang tentu saja sebentar lagi akan datang bulan ramadhan.

Salah satu keutamaan datangnya Bulan Syaban adalah karena Allah SWT menurunkan pengampunan. Selain menurunkan pengampunan Allah juga akan mengabulkan permohonan kepada hamba-Nya yang soleh pada malam Nisfu Syaban.

4 Amalan Wajib di Bulan Sya’ban yang Dianjurkan!

Oleh karena itu, bagi umat muslim sangat dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan kebaikan pada Bulan Sya’ban  ini. Amalan-amalan tersebut berikut diantaranya : 

  • Memperbanyak membaca Al-Qur’an 

Bagi umat muslim sangat dianjurkan untuk memperbanyak membaca al-qur’an bahwasannya bulan sya’ban menurut beberapa sahabat Nabi. Menganggap bahwa bulan sya’ban merupakan bulannya Al-qur’an. Jadi, tidak ada salahnya jika umat muslim memperbanyak membaca ayat-ayat al-qur’an. Setidaknya membaca beberapa ayat setelah selesai menjalankan shalat.

  • Menjalankan Puasa Sunnah

Selain membaca al-quran bagi kaum muslim menjalankan puasa sunnah selama bulan ini bisa dapat membantu tubuh untuk mempersiapkan diri menghadapi datangnya puasa Ramadhan. Dengan kebiasaan puasa pada bulan sya’ban tentunya akan mengajari tubuh agar tidak kaget dan sudah siap untuk berpuasa sebulan penuh. njurkan!

  • Menjalankan Shalat Malam 

Amalan yang harus kita jalankan pada saat bulan sya’ban datang yakni dengan melakukan shalat malam di sepanjang bulan. Seperti yang telah dikatakan bahwa di bulan sya’ban ini amalan-amalan diangkat ke langit. Maka tak hanya berpuasa, bershalawat dan membaca al-quran saja namun harus di lengkapi dengan salat malam.i

  • Memperbanyak Shalawat Nabi 

Seperti yang telah disebut dalam surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Bulan sya’ban merupakan bulan yang diyakini sebagai salah satu bulan mulia, penuh berkah, dan kebaikan. Memperbanyak shalawat Nabi juga bisa menjadi salah satu kebaikan yang akan dihitung sebagai amal baik.

Itulah, beberapa amalan yang dianjurkan di Bulan Sya’ban semoga dengan datangnya bulan ini dapat membantu kita dalam mengamalkan yang seharusnya. Jangan sampai untuk dilewati ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *