6 Keistimewaan yang Ada di Bulan Sya’ban!

Lifestyle404 Dilihat

Sebelum datangnya bulan ramadhan, tentu saja ada satu bulan yang memiliki suatu keistimewaan yakni Bulan Syaban. Datangnya bulan syaban, allah telah menjadikan satu bulan yang memiliki banyak keistimewaan.

6 Keistimewaan yang Ada di Bulan Sya'ban!6 Keistimewaan yang Ada di Bulan Sya’ban!

Mengapa demikian? Datangnya bulan syaban diyakini banyaknya keutamaan, peristiwa besar, serta ibadah yang terjadi pada bulan syaban tersebut. Tidak ada yang memanfaatkan bulan Syaban dengan amal-amal kebaikan kecuali orang-orang yang bersungguh-sungguh mencari keridhaan Allah SWT.

Dibulan Syaban sendiri telah diyakini terdapat sebuah keutamaan. Bahkan keutamaan tersebut Rasulullah shalallahu alaihi wa salam juga bersungguh-sungguh untuk menjalankannya diantaranya :

  • Persiapan untuk datangnya Ramadhan

Apa yang harus kita lakukan agar waktu datangnya Ramadhan menjadi rahmat bagi kita? Tentu dengan bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan tersebut. Dalam Al-Quran Allah telah menyatakan bahwa ibadah merupakan sebuah perlombaan.

Tidak mungkin terjadi pada seseorang yang menang dalam perlombaan jika tidak mempersiapkan dirinya dengan membiasakan diri beribadah di bulan Syaban.

“Maka berlomba-lombalah dalam mengerjakan suatu kebaikan ataupun ibadah” (Q.S Al-Baqarah: 148)

  • Pindahnya Arah Kiblat

Kiblat merupakan arah yang ditujukan bagi kaum muslimin untuk melaksanakan beribadah shalat. Sebelum Ka’bah menjadi arah kiblat, dahulu Masidil Aqsa merupakan arah kiblat pertama kali yang ditujukan bagi kaum muslimin. Perpindahan Arah kiblat tersebut terjadi di pertengahan Sya’ban tahun kedua hijriah. Berpindahnya arah kiblat yang telah terjadi merupakan peristiwa besar yang ditunggu-tunggu oleh Rasulullah shallahu ‘alaihi wa salam.

  • Bulan Diangkatnya Amalan

Bulan Syaban yakni bulan dimana diangkatnya semua amal kebaikan seluruh manusia selama satu tahun ke hadapan Allah subhanahu wa ta ‘ala. Inilah yang seharusnya banyak orang bersungguh-sungguh dalam meningkatkan sebuah kualitas dan kuantitas ibadahnya.

(Az-Zarqani dalam Syarh Al-Muwatha) mengatakan bahwa amalan akhir pada setiap manusia itulah yang menjadi penentu dari atas amalan itulah yang akan dibalas. Siapa yang memiliki amalan buruk atau beramal buruk kemudian beramal baik, maka ia dapat dinilai sebagai orang yang bertaubat.

  • Turunnya Ayat Shalawat

Allah SWT telah menjadikan Syaban sebagai bulan yang sangat mulia di antaranya menurunkan ayat perintah bershalawat pada bulan syaban ini.  Perintah tersebut telah tercantum dalam ayat berikut :

“Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, Shalatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya.” (Q.S Al Ahzab; 56)

Shalawat merupakan suatu bentuk penghormatan kepada Nabi yang telah berjasa menyebarkan dan mengajarkan adanya ajaran agama islam. 6 Keistimewaan yang Ada di Bulan Sya’ban!

  • Bulan Memperbanyak Puasa

Bulan Syaban yakni bulan yang  dimana Rasulullah paling sering berpuasa selain di Bulan Ramadhan. Memperbanyak puasa di bulan Syaban merupakan sebagai latihan agar lebih terbiasa saat menjalankan puasa di bulan ramadhan yang akan datang. Bulan Ramadhan adalah bulan di mana umat muslim berpuasa selama satu bulan penuh.

  • Bulannya Pembaca Al Quran

Bulan Syaban juga dapat disebut sebagai bulannya para pembaca Al Quran. Seperti halnya datangnya bulan ramadhan, bulan ramadhan yakni bagi kaum muslim diharuskan berpuasa sebulan penuh. Sedangkan bulan syaban yakni bulannya pembaca alquran yang dapat dilakukan setiap harinya. Seperti halnya tadarus ketika malam hari di bulan ramadhan.

Demikian itulah 6 keistimewaan yang ada di Bulan Syaban. Semoga pada bulan ini kita dapat melakukan perbanyak ibadah karena bulan Syaban memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *