1 Ambulance Laut yang di Berikan Ganjar untuk Puskesmas Karimunjawa Dinilai Tak Layak Dikenakan!

Jepara195 Dilihat

Ambulance laut yang diberikan Ganjar Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk Puskesmas Karimunjawa dinilai tak layak. Hal tersebut diungkap oleh Kepala Puskesmas Karimunjawa yakni Suhadi.

Pihaknya mengungkapkan bahwa ambulance laut tersebut sudah ada di Karimunjawa, Januari 2023 Bulan lalu. Namun pihaknya tak berani menggunakan ambulans laut tersebut. Pada tahun 2022 lalu warga yang ada di Pulau Parang, Kecamatan Karimunjawa memang meminta adanya ambulans laut kepada Gubernur Jateng.

1 Ambulance Laut yang di Berikan Ganjar untuk Puskesmas Karimunjawa Dinilai Tak Layak Dikenakan!(Foto hanya contoh) Ambulance Laut yang di Berikan Ganjar untuk Puskesmas Karimunjawa

Permintaan tersebut diungkapkan oleh warga kepada Ganjar Pranowo ketika melakukan kunjungan disana. Permintaan warga itu di iyakan oleh Ganjar melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Akan tetapi setelah datangnya kapal tersebut tak ada yang berani menjalankannya.

’’Ambulance laut tersebut tidak mumpuni. Produk kapal tersebut diperuntukan untuk jalur sungai. Bukan jalur laut,’’ Jelas Suhadi

Sebelumnya pihaknya telah meminta ambulans laut atau Kapal dengan spesifikasi mumpuni. Yakni dengan adanya panjang kapal minimal 18 m, lebar 3 m, hingga mesin tiga unit dua untuk jalan dan satu mesin untuk jaga-jaga.

Dengan permintaan ambulan dengan spesifikasi tersebut. Saat perjalanan berlangsung dari Pulau Karimunjawa ke Jepara bisa ditempuh dengan jarak waktu 4 jam. Jarak waktu tempuh tersebut lebih cepat dua jam dari kapal nelayan. Kemudian untuk perjalanan Pulau Karimunjawa ke Pulau Parang ditempuh selama 1 jam.

Sedangkan, untuk Kapal yang diberikan oleh Ganjar Pranowo ini hanya memiliki panjang 10,2 m dan lebar 3 m. Dinding kapal juga turut diperhatikan bahwasannya terlalu tinggi yang dapat mengakibatkan kapal mudah terombang-ambing angin.

Serta kapal tersebut hanya dibekali dengan satu mesin. Meskipun kapal baru ini memiliki fasilitas lengkap, namun kapal ini jauh dari harapan pihaknya.

’’Sangat tidak nyaman sekali. Pihak kami memang belum ada yang berani pakai, Apalagi dengan kondisi gelombang laut yang tinggi. Jika menaiki kapal tersebut dan tidak jalan selama kurang lebih 15 menit saja, bisa muntah-muntah lho. Hal tersebut tentu sangat beresiko” Terang Suhadi.

Bukan hanya beresiko saja, jarak tempuh perjalanan menggunakan kapal tersebut juga akan memakan perjalanan yang menjadi lebih lama. Dari Pulau Karimunjawa ke Pulau Parang waktu tempuh selama empat jam. Lalu, jika dari Pulau Karimunjawa ke Jepara, perjalanannya bisa sampai 12 jam lebih.

“Jarak tempuh akan memakan waktu yang cukup lama sekali, Ini tidak sesuai ekspektasi kami. Siapa yang akan mau menempuh perjalanan 4 jam ke Pulau Parang? Tentu saja banyak yang menyewa kapal nelayan sini, yang dapat menempuh perjalanan 1-2 jam sampai,’’ Jelas Suhadi sebagai penutup.

Ambulance Laut yang di Berikan Ganjar untuk Puskesmas Karimunjawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *